Inilah Cara Mengcek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online

Saat awal-awal sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. Warga masyarakat banyak yang keliru antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan.

Apalagi diantara keduanya menggunakan kata BPJS dan sama-sama menggunakan logo berwarna hijau. Di beberapa kota bahkan kantornya berdekatan satu sama lain.

Masyarakat kemudian banyak yang nyasar ke BPJS Ketenagakerjaan ketika menanyakan soal jaminan kesehatan. Sementara ada juga yang nyasar ke BPJS Kesehatan ketika menanyakan soal. Padahal jaminan dasar di antara keduanya berbeda. Yang satu menjamin soal kesehatan dan hanya mengeluarkan satu produk jaminan kesehatan untuk satu keluarga.

Sementara BPJS Ketenagakerjaan mempunyai banyak produk: jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Bahkan yang terbaru meluncurkan layanan khusus untuk tenaga kerja Indonesia dan Tenaga Kerja Wanita Indonesia.

Pada awal pula, BPJS Kesehatan dn BPJS Ketenagakerjaan hanya disosialisasikan secara manual. Dalam artian segala urusan dikerjakan di kantor. Sehingga pada tahun-tahun awal kantor-kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenegakerjaaan membeludak oleh warga masyarakat.

Jika di kantor BPJS Kesehatan membeludak antrian membuat kartu dan menanyakan hal-hal administratif lainnya. Sementara di kantor BPJS Ketenagakerjaan mengantri membeludak mendaftar keanggotaan, mencetak kartu dan mencarikan jaminan hari tuanya.

Bertahun-tahun kemudian baru BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan merambah ke online. Melalui internet di laptop atau internet di smartphone anda

Urusan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bisa diselesaikan. Bagi BPJS Ketenagakerjaan, urusan online ini mempersingkat hampir separuh antrian di kantor bagi layanan bersifat administratif.

Semisal jika anda mendaftar kepesertaan jaminan sosial mandiri. Bisa dilakukan lewat website BPJS Ketenagakerjaan. Sementara bagi anda pekerja penerima upah yang mendapat jaminan sosial dari potongan gaji bekerja anda. Website BPJS bisa digunakan untuk mengecek saldo Jaminan hari tua atau jaminan pensiun anda.

 

Membayar BPJS Ketenagakerjaan Sangat Mudah

Selain mempersingkat, proses online ini juga mempermudah pendaftaran dan pencairan saldo jaminan. BPJS Ketenagakerjaan juga mempermudah pembayaran iuran melalui ATM berbagai bank, kantor pos dan bahkan minimarket.

Sehingga anda tidak perlu membayar iuran ke kantor seperti zaman dahulu. Ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk urusan mencetak kartu dan mengurus pencairan.

 

Bahkan prosedur pencairan pun bisa dilakukan melalui online website. Anda tinggal mengakses website BPJS Ketenagakerjaan.

Siapkan dokumen yang dibutuhkan. Scan semua dokumen. Tinggal upload dan tunggu konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Setelah mendapat konfirmasi, anda bisa ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurus pencairan melalui rekening bank. Dana akan cair sepuluh hari kerja.

 

Selain perubahan proses manual ke online. Juga merubah kebiasan warga masyarakat. Dahulu setiap tahun BPJS Ketenagakerjaan mengirim laporan saldo secara manual dengan lembaran ke kantor-kantor. Bahkan pernah menggunakan email untuk memberitahukan saldo tahun berjalan kepada semua nasabah BPJS Ketenagakerjaan. Kini perubahannya bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *