Apa Itu Komputer? Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Siapa yang tidak mengenal komputer di zaman modern ini? Semua orang menggunakan komputer baik untuk mengolah data dan internet.

Semua lini pekerjaan, akademik dan hiburan menggunakan komputer sebagai layar utama untuk mencari uang. Peranan komputer penting baik untuk bisnis besar atau kecil dan tingkat akademia.

Baca Juga: INI DAFTAR KOTA TERKENAL DI PERANCIS

Perkembangan komputer sendiri tidak bisa diremehkan. Manusia telah mencapai langkah yang besar, melakukan banyak penelitian dan inovasi demi menciptakan komputer. Bahkan komputer modern ini berbentuk sangat kecil dibandingkan terdahulu. Laptop adalah salah satu kecanggihan yang kini masih terus dikembangan.

Bagaimana sejarah komputer sangat panjang dan banyak orang yang terlibat di dalamnya. Banyak penemu, peneliti yang saling bekerja sama untuk mengembangkan apa yang saat ini dinikmati oleh khalayak luas. Yuk simak bagaimana perkembangan komputer dari waktu ke waktu disini secara lengkap.

 

Apa Itu Komputer? Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Ada yang tahu apa sebenarnya komputer itu? Bagaimana ia bisa bekerja mengolah data secara otomatis? Komputer sendiri bisa dideskripsikan sebagai alat yang melakukan perhitungan rutin secara otomatis. Definisi ini akan bertolak belakang dengan pandangan sempit mengenai perhitungan adalah proses matematis yang ketat.

Komputer telah terbukti telah mampu memecahkan berbagai macam masalah seperti data akuntansi dalam bentuk sistem robotik yang melintasi ruangan. Sebelum sistem komputasi yang sebenarnya direalisasikan, padangan naif mengenai perhitungan rumus harus diatasi. Para penemu bekerja keras untuk menciptakan komputer ke dunia, sehingga meyakinkan bahwa benda yang mereka wujudkan ke dunia bukanlah kalkulator biasa.

Para ilmuwan belajar untuk memecahkan masalah umum dan bukan hanya dalam hal matematika saja. Pelajaran ini adalah pemrograman yang harus mereka ciptakan terdahulu. Ilmuwan harus menyelesaikan kemudian mengembangkan semacam perangkat hingga menerapkan desain. Inilah sejarah berdirinya komputer yang dicakup secara terperinci.

– Sejarah Perkembangan Komputer Awal

Awal mula dari munculnya komputer adalah pemecahan masalah yang harus dihadapi oleh para ilmuwan. Pada tahapan awal ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu prekursor komputer yang nantinya memunculkan komputer pertama di dunia. Kemudian setelah mesin pertama muncul, komputer belum dikembangkan secara besar-besaran. Namun kebiasaan orang yang menggunakan mesin kalkulator digital adalah pengembangan yang sesungguhnya.

 

– Munculnya Prekursor komputer

Komputer tercipta karena adanya kalkulasi dan awal kalkulasi yang menjadi pertimbangan adalah abacus. Kalkulasi ini telah pada sejak 1100 BC atau sekitar abad ke 13 dan masih digunakan hingga hari ini. Abacus adalah sebuah kalkulasi dengan bingkai persegi panjang dengan batang paralel tipis digantung dengan manik-manik.

Alat ini jauh sebelum sistem angka, sempoa dan alat lainnya yang digunakan untuk menghitung. Adanya skema ini memungkinkan berbagai bulangkan diwakili oleh beberapa manik-manik. Abacus dalam bentuk digital mewakili nilai secara terpisah dimana sebuah manik berada dalam posisi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Setelah abacus, ilmuwan John Napier mengembangkan kalkulator analog. Ia menemukan sistem logaritma dimana siapa saja dapat menambahkan 10 digit angka untuk perhitungan yang lebih mudah. Pada tahun 1624 alat dengan 14 digit angka telah tersedia dalam logaritma dan angka 1 hingga 20.000.

Kebanyakan perkembangn komputer adalah transformasi dari penambahan angka menjadi mesin. Alat kalkulasi secara analog berdasarkan napier adalah merepresentasikan nilai digital analog secara fisik. Dari analog, muncullah kalkulator digital di tahun 1623 oleh Wilhelm Schickard. Mulai dari sinilah mesin sistem kalkulasi berkembang dari masa ke masa hingga menjadikan komputer pertama di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *