Jangan Takut Makan Ikan

Mencetak anak cerdas bisa dimulai sejak hamil. Salah satunya yang paling mudah, dengan mengonsumsi ikan. Betul banget, Mama Papa. Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Barcelona, Spanyol, membuktikan ada kaitan mengonsumsi ikan saat hamil dengan kecerdasan anak di kemudian hari.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Epidemiology tersebut mengamati sekitar 2.000 mamil di seluruh Spanyol yang sebagian besar mengonsumsi ikan selama kehamilan dan rutin melaporkan jenis ikan yang dikonsumsinya lewat kuesioner makanan. Jumlah ikan yang dikonsumsi rata-rata tiga sajian selama seminggu. Selama kehamilan, darah dari tali pusar para mamil tersebut dihitung jumlah kadar merkurinya, zat kontaminan yang ada hubungannya dengan dampak racun ke saraf, jumlah DHA dan asam lemak omega 3.

Setelah melahirkan, anak-anak dari mamil yang menjadi bagian dari penelitian ini melalui tahap pengukuran perkembangan otak dan gejala indikasi kelainan spektrum autistik yang dilakukan ketika anak berusia 14 bulan dan 5 tahun. Ternyata, anak dari Mama yang banyak mengonsumsi ikan selama kehamilan memiliki peningkatan skor kognitif dan penurunan gejala spektrum autistik dibanding anak dari Mama yang lebih sedikit mengonsumsi ikan saat hamil. Ditemukan, mamil yang mengonsumsi 600 g ikan per minggu, sekitar tiga sampai empat sajian, memiliki anak dengan peningkatan IQ sebanyak 2,8 poin.

Pada April 2015, para ahli saraf dari University of California (UCI), Amerika Serikat, melaporkan hasil penelitian serupa yang dipublikasikan oleh The Journal of Neuroscience. Studi tersebut menyatakan, DHA sangat penting untuk perkembangan mata janin dan otak, terutama selama tiga bulan terakhir kehamilan. Kekurangan asupan dengan kandungan asam lemak yang ditemukan dalam ikan dan makanan lain dapat membatasi pertumbuhan dan perkembangan otak janin selama di kandungan dan awal kehidupannya. Ehm, jadi kepengin makan ikan terus ya, Ma! ADA APA DENGAN DHA PADA IKAN? Kata DHA tentu sudah akrab di telinga ya, Ma. Tapi, apa Mama tahu pengertian dari DHA?

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *