Yuk Mengenal Kepala Negara Jerman Disini

Apa bedanya presiden, raja, perdana menteri, ratu dan juga kanselir? Lalu apakah mereka yang disebut dengan kepala negara atau kepala pemerintahan?.

Nah, sebelum memasuki proses penjelasan yang lebih detail mengenal seorang kepala negara jerman. Mari kita pahami dahulu apa perbedaan presiden, raja, perdana menteri dan kanselir, seperti yang dikutip web Studiva.

Pertama, perbedaannya adalah sebutan-sebutan ini tergantung kepada sistem demokrasi atau sistem negara yang dianut oleh sebuah negara. Perbedaan ini tentu akan menyebabkan perbedaan penyebutan dan juga pengenalannya di luar negeri nanti.

Kedua, sebutan ini juga tergantung dengan penempatan perbedaan antara siapa kepala negara, siapa kepala pemerintahan atau dua-duanya dirangkap oleh satu jabatan yang sama.

Sehingga penempatan siapa sebutan, siapa kepala negara dan siapa kepala pemerintahan akan sangat tergantung dengan sistem dan tata konstitusi sebuah negara. 

Oke mari kita pahami dulu secara mendasar. Siapa yang disebut kepala pemerintahan? Kepala pemerintahan adalah jabatan eksekutif yang menjalankan roda pemerintahan.

Roda pemerintahan dalam arti menjalankan kabinet menteri-menteri, memimpin dewan menteri dan berhubungan dengan parlemen atau dewan perwakilan rakyat. 

Sementara siapa kepala negara? Kepala negara adalah simbol negara. Bersifat simbol dan menjadi marwah sebuah negara.

Biasanya kepala negara hanya menghadiri acara-acara seremonial yang bersifat penting, tetapi substansial. Memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan kepala pemerintahan.

Tetapi tidak mempunyai kewenangan mengatur roda pemerintahan. Kewenangannya hanya menunjuk kepala pemerintahan atau melantik kepala pemerintahan. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Posisi kepala negara dan kepala pemerintahan bisa dijabat oleh orang yang sama. Juga bisa berbeda. Tergantung sistem pemerintahan sebuah negara tersebut.

Mari kita lihat contohnya, di Inggris, seorang kepala negara dipegang ratu inggris. Tetapi kepala pemerintahan yang menjalankan kabinet dipegang perdana menteri. Perdana menteri dipilih oleh parlemen dan dilantik oleh ratu inggris.

Sistem negara ini monarki konstitusional yang beririsan dengan parlementer karena perdana menteri dipilih parlemen.

Namun di Brunei Darussalam, kepala negara dipegang Sultan Brunei. Kepala pemerintahan juga dipegang Sultan Brunei. Walaupun demikian, disana terdapat parlemen karena menganut sistem monarki konstitusional.

Nah, di Indonesia. Kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang langsung presiden. Karena indonesia menganut sistem demokrasi presidensial.

Dimana jabatan presiden memulai kuasa penuh pada bidang kenegaraan dan juga pemerintahan.

Bandingkan dengan sistem presidensial semi parlemen di Jerman yang akan kita bahas. Siapa kepala negara jerman? Dan siapa kepala pemerintahan di jerman? 

Jerman sendiri menerapkan sistem negara bernama federal. Dimana merupakan gabungan dari negara-negara bagian yang membentuk sebuah republik jerman.

Kepala negara Jerman dijabat langsung oleh presiden federal yang dipilih oleh wakil-wakil negara bagian. 

Sementara kepala pemerintahan jerman dijabat oleh perdana menteri yang kita kenal sebagai kanselir jerman.

Jika presiden federal jerman dipilih berdasarkan wakil-wakil negara bagian yang berkantor di ibukota jerman.

Maka, perdana menteri atau kanselir dipilih oleh parlemen jerman yang disebut bundestag. Perdana menteri atau kanselir diusulkan oleh partai mayoritas atau koalisi dari partai mayoritas.   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *