Nasi Goreng dan Mie Goreng rendah Kalori ala Catering Sehat Jakarta

Nasi Goreng dan Mie Goreng rendah Kalori ala Catering Sehat Jakarta

Kedai Keblasuk – Dengan berlatar belakang kecintaannya pada dunia pertanian dan pangan lokal, hermitianta prasetya putra (28) mendirikan kedai keblasuk pada pertengahan september 2014. Konsep hidangan yang dihadirkan adalah bahan pangan yang sehat yang ditanamnya dengan konsep natural farming (ditanam dengan cara alami). Melalui natural farming ini, pestisida dan pupuk kimia tidak digunakan. “Perawatan tanaman hanya menggunakan pupuk organik,” tandasnya.

Dengan menggunakan produk tani dari natural farming, hermitianta juga dapat memantau dari mana bahan-bahan pangan yang ia masak. Ia berkomitmen untuk mendayagunakan bahan pangan lokal sehingga sebisa mungkin bahan pangan yang digunakan berasal dari wilayah daerah istimewa yogyakarta. Konsep hidangan sehat yang juga diusung oleh kedai keblasuk adalah bebas msg. Rasa gurih diolahnya dari kaldu jamur dan berbagai rempah. Kaldu jamur sendiri dibuat home made oleh salah satu supplier-nya.

Ia juga menggalakan pengolahan aneka umbi dan singkong karena ketela merupakan bahan lokal yang mudah didapatkan dan sehat. Misalnya milangkori, sajian sejenis mi goreng lengkap dengan sayuran, namun terbuat dari tepung ketela. Ada lagi hidangan nasi keslamur yang mirip nasi goreng lengkap dengan telur, sayur, dan jamur. Nasi keslamur menggunakan beras yang dibuat dari ketela. Berbeda dengan beras yang berasal dari padi, beras ketela ini ukurannya lebih kecil dan memiliki tekstur yang kenyal.

Sajian sate kepepet dari ketela juga laris, terdiri dari dua tusuk berisi ketela, jamur, wortel dan nanas. Di atas sate tersebut disiram saus merah yang dibuat dari sari alami tomat organik. Tak hanya makanan, kedai keblasuk pun menyuguhkan sajian minuman yang berbasis bahan lokal. Antara lain coklat jowo yang berbahan gula aren.

Cokelatnya sendiri merupakan produk tani lokal dari dari kulon progo. Selain cokelat, kedai keblasuk juga menyediakan kopi lokal, yaitu kopi menoreh, kopi merapi, dan kombucha. “Andalannya kombucha serbat. Tapi penyajiannya musiman. Tergantung buah dan hasil kebun yang bisa dipanen saat itu,” jelas hermitianta.

Melalui kedai keblasuk, hermitianta ingin masyarakat menyadari betapa pentingnya belajar menikmati makanan sesuai musim agar tanah tetap gembur dan lestari jika ditanam bergantian sesuai musim. “Orang harus tahu apa yang mereka makan dan berasal dari mana,” kata hermitianta yang berharap kedainya bisa jadi ruang yang dapat mempertemukan petani lokal dan konsumen agar terjadi sistem fair trade atau jual beli yang adil bagi petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *