Makanan dengan Bahan Organik ala Catering Jakarta

Makanan dengan Bahan Organik ala Catering Jakarta

Letusee – Dengan bangga sepasang sahabat Nurul Haida Puspitasari (22 ) dan Maria Stephanie (25) menunjukan semua bahan pangan yang digunakan di dalam restorannya adalah bahan lokal organik, tanpa MSG. Inilah semangat yang ingin mereka sebarkan pada pengunjung yang datang bersantap di Letusee. “Pada dasarnya, kami harus tahu tempat bahan ditanam dan dipanen sebelum kami olah,” ujar Nurul.

Para pengunjung yang datang makan di sini akan diberi tahu dari mana tanaman itu berasal. Itu sebabnya kedai makan ini diberi nama “Letusee” diambil dari “let u see” agar para pembeli melihat proses dan asal bahan yang mereka gunakan. Untuk mendukung konsepnya ini, Nurul dan Stephanie giat ikut berbagai acara komunitas yang mengusung tema organik dan lokal. Sebagai contoh, di kegiatan Jogja Organik, mereka bertemu dengan petani organik lokal dan berbelanja secara langsung.

Tak hanya menggunakan bahan-bahan organik dan lokal, Nurul mengolah sendiri berbagai dressing salad yang digunakan pada berbagai menu salad yang menarik. Misalnya pada sajian Chicken Salad, Nurul menggunakan campuran selada, tomat, sunkist, paprika merah, kismis, zaitun hitam, dan ayam panggang. Untuk dressingnya, alih-alih menggunakan orange sauce dari jeruk impor, ia memilih menggantinya dengan campuran jeruk baby pacitan dan jeruk nipis. Untuk vegetarian, Letusee juga menyediakan menu Veggie Burger dengan bun dari tepung gandum.

Burger ini menggunakan patty yang dibuat sendiri dari campuran kacang merah dan ubi cilembu plus homemade bumbu kari. Saus yogurt dan bawang putih dituangkan di akhir sebagai pelengkap. Selain berbagai menu salad dan sandwich, Letusee juga memiliki produk olahan produk saus homemade antara lain balsamic dressing, italian dressing, mayo dressing, dan Ppesto yang pembelinya datang dari berbagai kota besar di Indonesia. “Bahan pine nut dalam pesto saya ganti dengan biji bunga matahari,” ujar Nurul. Untuk minuman, Stephanie mempopulerkan infused water, kombucha (fermentasi teh) beragam rasa, smoothies yoghurt lokal, hingga cashew milk di Yogyakarta. Kombucha dengan aneka rasa, seperti buah naga, rosella, dan mulberry, disajikan dalam kemasan botol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *